Ini Manfaatnya Konsumsi Jagung untuk Kesehatan

Home / Gaya Hidup / Ini Manfaatnya Konsumsi Jagung untuk Kesehatan
Ini Manfaatnya Konsumsi Jagung untuk Kesehatan ILUSTRASI - Manfaat Jagung untuk Kesehatan. (FOTO: prima)

TIMESMADIUN, JAKARTAJagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Karena itu jagung sering dijadikan sebagai alternatif pengganti beras sebagai makanan pokok. Selain karbohidrat, jagung juga mengandung serat yang cukup, sehingga baik untuk dikonsumsi.

Penelitian medis saat ini mengatakan bahwa makan jagung secara teratur dapat membantu tubuh mengontrol gula darah lebih baik. Ini tentunya harus diimbangi dengan mengontrol makanan lain, terutama yang banyak mengandung gula.

Dilansir dari Asian Journal, profesor dari University of Philippines Los Banos, Dr. Artemio Salazar menjelaskan bahwa jagung bisa menjadi makanan pokok yang baik bagi pasien diabetes. Hal ini karena jagung memiliki kandungan amilosa yang lebih tinggi dibandingkan beras. Amilosa ini membuat jagung akan dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga gula darah akan lebih terkontrol.

Jagung juga mempunyai protein, serat makanan, mineral, dan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan makanan pokok lainnya. Namun, walaupun nasi putih dengan nasi jagung terlihat hampir mirip, tapi membiasakan konsumsi nasi jagung tampaknya agak sulit.

Untuk itu, jika Anda ingin beralih makan nasi jagung, sebaiknya beralihlah secara perlahan. Anda bisa mencampurkan nasi jagung dan nasi putih terlebih dahulu saat mencobanya pertama kali, sehingga akan lebih mudah bagi lidah Anda untuk menerimanya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com