Pemdes Bomo Siap Anggarkan Alat Fermentasi Pakan Ternak untuk Warga

Home / Ekonomi / Pemdes Bomo Siap Anggarkan Alat Fermentasi Pakan Ternak untuk Warga
Pemdes Bomo Siap Anggarkan Alat Fermentasi Pakan Ternak untuk Warga Pemdes Bomo dan warganya belajar pengolahan limbah menjadi pakan ternak. (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMESMADIUN, PACITAN – Pemerintah Desa Bomo Kecamatan Punung, Pacitan, Kamis (16/1/2020), mendatangi peternakan Akhmad Ikhsan di Desa Tulakan untuk belajar pembuatan pakan ternak berbahan limbah sampah oganik.

Akhmad Ikhsan dikenal sukses dalam menjalankan teorinya terbukti peliharaan ternak sapinya sudah lima tahun terakhir sukses. Sejak pertama kali terbukti gemuk dan besar serta diundang ke berbagai tempat untuk memberikan pengetahuan pembuatan pakan ternak berbahan limbah.

Pemdes-bomo-a.jpg

"Kami belajar pembuatan pakan ternak kepada Akhmad Ikhsan, karena masyarakat saya di Desa Bomo rata-rata peternak. Namun masih monoton atau manual, ngrumput dua sampai tiga kali sehari, kami pemerintah desa dan lembaga ingin masyarakat sejahtera," kata Suratmi, Kades Bomo di sela-sela pelatihan.

Menurutnya, saat musim kemarau panjang masyarakat sangat kesusahan mencari pakan ternak. Usai berlatih, diharapkan peternak Desa Bomo dapat meniru apa yang dilakukan Akhmad Ikhsan.

Pemdes-bomo-b.jpg

Suratmi akan menganggarkan dana desa untuk pembelian alat fermentasi pakan ternak salah satunya yakni mesin cacah. "Kalau nanti masyarakat sudah oke agar pelatihan ini tidak muspro (sia-sia), kami akan menganggarkan dana dari desa, setiap dusun diberi mesin penggiling. Kalau musim kemarau rata-rata masyarakat itu beli pakan," imbuhnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com