Aipda Hendry, Bhabinkamtibmas Bangunsari Madiun yang Setia Berpatroli Menunggang Kuda

Home / Berita / Aipda Hendry, Bhabinkamtibmas Bangunsari Madiun yang Setia Berpatroli Menunggang Kuda
Aipda Hendry, Bhabinkamtibmas Bangunsari Madiun yang Setia Berpatroli Menunggang Kuda Aipda Hendry Setiawan berpatroli wilayah dengan menunggang kuda, Ndaru. (Foto: Capture Video Humas Polres Madiun for TIMES Indonesia)

TIMESMADIUN, MADIUN – Derap kaki kuda melintas, bagi sebagian warga di Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, sudah mengenalinya. Terutama, siapa yang menungganginya atau yang melintas. Ya, itu biasanya Aipda Hendry Setiawan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Bangunsari, Dolopo.

Sejak tahun 2009, Aipda Hendry Setiawan memang lebih sering menunggang kuda saat berpatroli wilayah. Tidak hanya membawa tawa bagi anak-anak desa yang melihatnya, tapi caranya itu membawa kesan tersendiri karena menjadu lebih dekat dengan masyarakat.

Aipda-Hendry-Setiawan-a.jpg

Di masa pandemi Covid-19, dia lebih sering menunggang kuda untuk berpatroli sambang warga dan bersosialisasi sambil membawa alat pengeras. Sesekali, dia mempersilakan anak-anak desa naik kudanya yang diberi nama Ndaru.

"Saya lebih menikmati bertugas dengan naik kuda daripada kendaraan. Karena memiliki daya tarik untuk masyarakat. Selain itu, warga juga bisa terhibur dan lebih perhatian ketika saya memberikan sosialisasi," ujar Hendry, kepada TIMES Indonesia, Selasa (30/6/2020).

Aipda-Hendry-Setiawan-b.jpg

Hendry Setiawan yang bertugas di Polsek Dolopo, telah berganti kuda empat kali. Dia punya pengalaman unik saat berpatroli bersama Ndaru. Ketika ada warga yang berlatih drumband, dirinya terjatuh lantaran kudanya berdiri dengan dua kaki alias jumping.

"Mungkin bunyi-bunyi keras dari alat musik hal yang asing bagi kuda, jadi kaget dan berdiri, tapi istimewanya kuda itu tidak akan meninggalkan penunggangnya, Ndaru hanya diam dan menunggu saya bangun," tambahnya sambil tersenyum, ditemui usai bertemu Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto.

Aipda-Hendry-Setiawan-c.jpg

Dia ingin banyak yang meniru dirinya berinovasi mendekati masyarakat agar dapat ikut membantu memaksimalkan potensi wilayahnya, terutama mengangkat drajat ekonomi.

Aipda-Hendry-Setiawan-d.jpg

Sementara itu Kapolsek Dolopo, AKP Sudiyono mengatakan, selain disiplin dan supel, Aipda Hendry juga sosok yang piawai menjadi pembawa acara atau MC. "Bahkan menjadi dalang juga bisa. Bahkan biasanya kalau ada warga punya hajatan, biasa berpartisipasi sebagai pembawa acara," kata kapolsek menjelaskan sosok Aipda Hendry, Bhabinkamtibmas yang akrab dijuluki warga sebagai polisi berkuda di Kelurahan Bangunsari, Dolopo, Kabupaten Madiun. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com