Warga Kabupaten Madiun Aktif Pencegahan Mandiri Covid-19

Home / Berita / Warga Kabupaten Madiun Aktif Pencegahan Mandiri Covid-19
Warga Kabupaten Madiun Aktif Pencegahan Mandiri Covid-19 Penyemprotan disinfektan lingkungan permukiman warga di Kabupaten Madiun. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESMADIUN, MADIUN – Pencegahan virus Corona (Covid-19) secara mandiri mulai dilakukan di lingkungan permukiman warga di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Mulai dari pembatasan sosial hingga tindakan preventif penyemprotan disinfektan.

Salah satunya dilakukan  lingkungan RT 41/RW 05 Desa/Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Menindaklanjuti imbauan dari kepala desa setempat, ketua RT intensif melakukan pendataan warga berdasarkan risiko serta imbauan pembatasan tamu atau kunjungan.

"Sifatnya bukan larangan. Saya minta warga memberitahukan  kalau ada tamu baik keluarga maupun bukan dari luar daerah. Sebisa mungkin jangan sampai menginap," ujar Rizky Nugroho, Ketua RT 41/RW 05 Perumahan Seemout Garden, Jiwan.

Penyemprotan-desinfektan-b.jpg

Untuk memudahkan tracking, Rizky membuat tiga klasifikasi pendataan warga. Yakni cluster A untuk warga yang bekerja di daerah zona merah, cluster B adalah data warga per 25 Maret 2020 pulang ke rumah dari tempat bekerja di luar daerah dan cluster C adalah data warga yang bekerja sebagai tenaga medis dan paramedis.

"Untuk cluster A sudah kami laporkan lainnya segera menyusul. Yang terpenting warga kami imbau  untuk tinggal di rumah kalau ada keluhan sakit segera melapor ke ketua RT," ujar Rizky.

Selain pendataan dan pembatasan  sosial, juga dilakukan sterilisasi berupa penyemprotan desinfekatan di rumah warga. Warga merespon positif penyemprotan disinfektan bantuan dari owner MPI Printing Madiun tersebut pada Minggu (29/3/2020).

"Selain penyemprotan ini, warga juga kami imbau menyemprot disinfektan secara mandiri di rumah masing-masing," kata Rizky.

Penyemprotan-desinfektan-c.jpg

Penyemprotan disinfektan di lingkungan permukiman juga dilakukan di Jalan Mawar RT 13/RW 01 Desa Mojopurno Kecamatan Wungu. Relawan dari LPBI NU Madiun dan Madiun Bersatu Melawan Corona (MBLC) berkeliling ke rumah warga, Sabtu (28/3/2020).

"Terima kasih kepada pada relawan. Semoga penyemprotan ini bisa membantu pencegahan virus Corona," kata Sutris Purnomo Ketua RT 13/RW 01 Desa Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com