Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Disdukcapil Magetan Sediakan Layanan ADM

Home / Berita / Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Disdukcapil Magetan Sediakan Layanan ADM
Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Disdukcapil Magetan Sediakan Layanan ADM Kepala Disdukcapil Magetan, Hermawan saat menemui warga di Mal Pelayanan Publik, Rabu (15/1/2020). (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESMADIUN, MAGETAN – Layanan kependudukan kini hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat terus mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat.

Berbagai terobosan layanan adminduk berbasis teknologi pun siap dioperasikan. Mulai layanan KTP, KK, dan dokumen kependudukan lainnya.

"Semua layananan bisa dilakukan di Mal Pelayanan Publik, kecuali akte perkawinan atau dokumen hilang harus datang langsung ke kantor Disdukcapil karena data dan berkasnya ada di sana," ujar Hermawan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Magetan, Rabu (15/1/2020).

Mal-Pelayanan-Publik-Magetan-a.jpgBupati Magetan Suprawoto dan Sekda Magetan Bambang Trianto saat melihat langsung pengoperasionalan mesin ADM di Mal Pelayanan Publik, Rabu (15/1/2020). (Foto: Disdukcapil Magetan for TIMES Indonesia)

Disdukcapil Magetan juga mengoperasionalkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Pelayanan Publik. Lewat mesin canggih tersebut, pencetakan dokumen pendudukan bisa dilakukan sendiri dan sewaktu-waktu.

"Untuk bisa menggunakan ADM, warga cukup mendaftarkan diri ke kantor Dispendukcapil untuk mendapatkan pin atau QR code untuk discan pada ADM. Syaratnya hanya mendaftarkan nomor HP dan alamat email," ungkapnya.

Menurut Hermawan, warga bisa mencetak sendiri e-KTP, KK, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan  surat pindah lewat mesin ADM. Sehingga tidak perlu harus menunggu antrean cetak di kantor Dispendukcapil. Petugas juga akan membantu warga yang tidak memiliki HP atau email.

"Prinsipnya tidak ada yang kembali tanpa hasil," tegas Hermawan.

Mal-Pelayanan-Publik-Magetan-b.jpg

Bupati Magetan Suprawoto menyambut positif berbagai langkah terobosan yang dilakukan Disdukcapil Magetan. Salah satunya pengoperasian mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

"Kabupaten Magetan di Indonesia merupakan yang pertama kali mengoperasikan mesin ADM," ucap Bupati Magetan.

Sementara itu, Pemkab Magetan secara resmi membuka layanan publik dalam satu atap di lantai 2 Pasar Baru Magetan yakni Mal Pelayan Publik (MPP) untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada Rabu (15/1/2020).

Warga Magetan dapat mengurus berbagai keperluan seperti pajak, perizinan, perbankan, imigrasi termasuk layanan adminduk dari Disdukcapil Magetan di Mal Pelayanan Publik tersebut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com